Cara Membedakan Produk Kulit Asli dan Kulit Imitasi

Produk Leather / kulit identik dengan produk yang berkualitas, eksklusif, Premium dan tahan lama. Namun seiring perkembangan jaman, semakin banyak bermunculan produk-produk kulit bagus yang kita pikir Asli namun sebenarnya adalah kulit sintesis. Banyak orang memang tidak mampu membedakan antara kulit asli dan kulit sintetis, apalagi ketika dibanderol dengan harga yang sama.

IMG-20170311-WA0028
Namun kualitas produk kulit asli tidak perlu dipertanyakan lagi, menurut artikel tentang perbedaan Dompet Kulit Asli dan Sintetis ini, produk kulit sintetis hanya bertahan 1/3 umur dari produk kulit asli. Bahkan jika dirawat dengan benar, produk kulit asli dapat bertahan hingga puluhan tahun dan tidak akan pernah terkelupas seperti kebanyakan kulit sintetis lainnya.
Untuk mengetahui perbedaan antara produk yang menggunakan material kulit asli dan kulit sintetis ada beberapa hal yang perlu anda cek ketika anda berbelanja produk kulit :

 

1. Lihat label produk

 Lihat apabila memang ditulis syntetic leather (kulit sintetis) atau Genuine Leather (kulit asli). Kadang produk kulit asli juga dituliskan dalam bentuk Real Leather, Top/Full Grain Leather, Made with Animal Products. Jika tertulis Manmade Material itu juga berarti kulit sintetis.

2. Mengecek pada ketidaksempurnaan pada permukaan kulit

Produk kulit asli tidak sempurna, sama seperti kulit manusia, anda akan menemukan perbedaan warna, goresan, kerutan atau keriput. Ketidak sempurnaan bukanlah hal yang buruk, justru hal ini lah yang membuat produk kulit berbeda antara satu dengan yang lain. Tekan atau tarik material kulit asli dan jika anda dapat melihat perubahan pada tekstur kulit tersebut.
Cek juga pada bagian pinggir kulit, apabila terlihat tidak rapih atau masih terdapat serat-serat kulit menandakan itu adalah kulit asli. Kulit sintetis menggunakan mesin pemotong sehingga hasil potongan akan rapih dan bersih.
Justru jika permukaan produk kulit tidak memiliki hal-hal ini dan terlihat sama seluruhnya, menandakan itu adalah material buatan.
 
3. Cium aroma kulit
Sama seperti kulit manusia, produk kulit asli juga memiliki bau yang khas. Jika anda kurang yakin bau seperti apa yang menandakan bau kulit asli, kunjungi toko produk kulit asli dan cium aroma produk tersebut. Sedangkan produk kulit sintetis akan beraroma seperti plastik.
 
4. Tes menggunakan api (bersifat “merusak!”)

Salah satu tes yang dapat dengan mudah dilakukan adalah dengan membakar material kulit tersebut menggunakan api selama 5-10 detik. Namun hati-hati karena ini akan merusak material tersebut (apabila bukan kulit asli). Produk kulit asli hanya akan terbakar sedikit saja dan menimbulkan aroma seperti rambut terbakar, sedangkan produk kulit sintetis akan terbakar seluruhnya karena menggunakan material plastik.

 
5. Tes menggunakan air (bersifat “merusak!”)

Selain api anda juga dapat melakukan tes menggunakan air. Material kulit asli akan menyerap air, seperti kulit pada manusia. Sedangkan kulit sintetis tidak akan menyerap air sama sekali. Jadi anda dapat menaruh beberapa tetes air pada permukaan kulit dan lihat apabila akan terserap atau tidak. Kulit yang menyerap air akan meninggalkan tanda air pada permukaan, meskipun akan menghilang setelah beberapa saat namun anda tetap harus berhati-hati.

 
6. Harga tidak akan bohong
Produk dengan material kulit asli tidak akan pernah berharga murah. Hal ini sesuai dengan apa yang anda dapatkan dari sebuah produk kulit asli yakni eksklusifitas dan daya tahan yang sangat tinggi. Sebagai kontras, produk kulit sintetis dapat dijual dengan sangat murah, namun kualitas dan daya tahannya tidak akan bertahan lama.

Cara Membersihkan Sofa Kulit Sintetis Dengan Praktis Dan Mudah

Merawat sofa kulit sintetis bisa menggunakan bahan alami. Bahan bahan tersebut bahkan bisa anda temui di dapur anda di rumah. merawat sofa kuit sintetis tidak sesulit merawat sofa kulit asli. Bahan yang satu ini cenderung lebih tahan terhadap air dan paparan sinar matahari. Namun daya tahanya tentu tidak akan selama sofa kulit asli. Sofa bahan kulit sintetis juga cenderung lebih mudah dibersihkan. cara membersihkan sofa kulit sintetis lebih mudah dibandingkan dengan sofa kulit asli.

Tips Memilih Sofa

1. Pilih bentuk sofa sesuai dengan konsep ruangan secara keseluruhan. Begitu juga dengan warnanya, sebaiknya disesuaikan dengan warna dinding dan furniture ruangan lainnya.

2. Pilihlah sofa sesuai dengan ukuran ruangan.

3. Perhatikan bahan sofa, jika bahan sofa terbuat dari kulit, maka sofa ini akan lebih cocok untuk ruangan ber-AC. Selain itu pemeliharaannya pun cukup mahal dan memakan waktu. Sebaiknya pilih sofa dengan bahan microfiber, karena selain mudah dirawat, juga lebih nyaman digunakan di ruangan panas serta harganya pun lebih murah.

4. Dudukan sofa sebaiknya jangan terlalu rendah dan jangan pula terlalu empuk, agar dapat mendukung posisi duduk yang benar. Begitu pula dengan sandarannya, pilih yang tidak terlalu rendah dan tidak terlalu empuk agar Anda merasa nyaman ketika duduk dan bersandar.

5. Perhatikan konstruksi kerangka sofa. Semakin kokoh konstruksi dan kualitas sofa, akan semakin kuat dan tahan lama.

6. Perhatikan kekenyalan dan kualitas busa. Sofa yang menggunakan busa dengan kekenyalan rendah atau busa campuran dengan kekenyalan yang berbeda akan membuat yang duduk merasa tidak nyaman.

7. Jangan terpengaruh dengan model sofa yang menarik. Pasalnya, sofa dengan model yang minimalis lebih mudah menyesuaikan diri dengan konsep ruang apapun.

Membersihkan sofa kulit dari noda tumpahan

  1. Tepuk-tepuk, jangan seka tumpahan cairan. Hal ini merupakan prinsip paling penting ketika menangani tumpahan minuman, makanan, tinta, atau cairan lain pada bahan kulit. Menyeka tumpahan hanya akan membuat noda meluas dan mengubah warna bahan kulit. Cukup tepuk-tepuk tumpahan secara perlahan memakai kain lembap untuk menyerapnya.
  2. Gunakan produk pembersih bahan kulit khusus untuk menghilangkan noda yang lebih serius. Baca dan ikuti petunjuk pemakaian pada kemasan produk.
  3. Oleskan kondisioner atau pelembap bahan kulit untuk mengembalikan kelenturannya.

Beberapa Perbedaan Sofa Kulit Asli vs Sintetik

Sofa Kulit Asli
Jenis dan harga sofa kulit asli memiliki keanekaragaman harga. Tapi tak sedikit orang yang sengaja memilih sofa berbahan kulit asli karena kualitas sofa kulit asli lebih baik. Bagi pecinta sofa, harga mahal tidak menjadi batasan untuk sebuah kepuasan. Kini untuk mendapatkan produk sofa kulit asli juga semakin mudah karena sekarang banyak toko sofa yang menjual sofa kulit berkualitas dari kulit asli, baik itu produk impor maupun dalam negeri.

Jika Anda bisa memiliki sofa kulit asli tentu memiliki rasa bangga tersendiri. Desain mewahnya dipancarkan dari model sofa kulit asli serta lebih awet. Ini menjadi salah satu kelebihannya. Karena harga yang mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah, maka sebaiknya Anda lebih berhati-hati dalam membeli. Hal ini disebabkan oleh maraknya sofa dengan kulit imitasi yang dijual dengan harga lebih murah.

Untuk bisa mengetahui apakah tipe kulit itu asli atau imitasi, Anda dapat melihat karakteristik di bawah ini:
Read more