Beberapa Perbedaan Sofa Kulit Asli vs Sintetik

Sofa Kulit Asli
Jenis dan harga sofa kulit asli memiliki keanekaragaman harga. Tapi tak sedikit orang yang sengaja memilih sofa berbahan kulit asli karena kualitas sofa kulit asli lebih baik. Bagi pecinta sofa, harga mahal tidak menjadi batasan untuk sebuah kepuasan. Kini untuk mendapatkan produk sofa kulit asli juga semakin mudah karena sekarang banyak toko sofa yang menjual sofa kulit berkualitas dari kulit asli, baik itu produk impor maupun dalam negeri.

Jika Anda bisa memiliki sofa kulit asli tentu memiliki rasa bangga tersendiri. Desain mewahnya dipancarkan dari model sofa kulit asli serta lebih awet. Ini menjadi salah satu kelebihannya. Karena harga yang mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah, maka sebaiknya Anda lebih berhati-hati dalam membeli. Hal ini disebabkan oleh maraknya sofa dengan kulit imitasi yang dijual dengan harga lebih murah.

Untuk bisa mengetahui apakah tipe kulit itu asli atau imitasi, Anda dapat melihat karakteristik di bawah ini:

1. Bau khas
Sofa kulit asli memiliki karakteristik bau kulit yang khas, tidak seperti kulit imitasi atau sering disebut Oscar. Pada lapisan kulit palsu ini memiliki karakteristik bau bahan vinyl. Jadi, jika Anda membeli sofa kulit asli, maka bisa memperhatikan dari bau jenis kulitnya. Jika ada harga sofa kulit asli yang jauh lebih murah dari harga standar, bisa jadi itu adalah sofa palsu yang merupakan aroma dominan bahan vinyl.

2. Kulit tidak terlalu halus
Tingkat kualitas kulit asli memiliki permukaan yang tidak mulus seperti pada produk kulit oscar. Sebab, kulit imitasi yang menggunakan bahan itu tidak alami lagi, namun menggunakan teknologi yang mampu menghasilkan lapisan yang menyerupai kulit asli. Tapi kulit asli lebih kasar dari bahan imitasi. Harga sofa kulit imitasi ini bisa mencapai setengah dari harga sofa kulit asli. Misalnya sofa kulit asli harganya hingga 100 juta, maka sofa kulit oscar bisa sekitar 50 juta.

3. Tahan api
Sedangkan yang terakhir adalah sofa kulit asli bisa tahan api. Sementara sofa kulit imitasi akan mudah terbakar. Misalnya jika sofa sengaja tertabrak puntung rokok, sofa tidak akan terbakar atau berlubang. Tapi di sofa imitasi bisa menyebabkan bekas seperti lubang karena rokok. Jadi, setelah mengetahui sifat dan perkiraan harga kulit sofa kulit asli, maka Anda lebih berhati-hati dalam memilih sofa. Jangan mudah tertipu oleh desain dan harga murah namun berkualitas palsu.

Sofa Kulit Imitasi atau Sintetik
Meski namanya “imitasi”, jenis sofa ini sebenarnya tidak 100 persen menggunakan kulit imitasi. Sofa kulit imitasi terbuat dari kulit yang tergabung dengan bahan kimia poliuretan. Sementara di bagian belakang atau belakang sofa, biasanya masih terbuat dari kulit asli. Karena itu, dalam bahasa Inggris, sofa ini dikenal dengan sebutan “Bonded Leather Sofa” atau sofa kulit yang diikat bersamaan.

Pada umumnya, sofa kulit sintetis menggunakan bahan oscar. Bahan kulit sintetis ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan kulit sintetis poliuretan lainnya. Sofa Oscar memiliki banyak desain dan warna beragam. Sehingga bisa disesuaikan dengan tema ruangan.

Ada juga sejenis sofa kulit yang mirip dengan ini, yaitu “sofa kulit bycast”, yaitu lembaran kulit dilapisi dengan poliuretan dan digunakan sebagai bahan utama pembuat sofa. Untuk menghindari kesalahpahaman dan keraguan tentang kualitas sofa kulit imitasi, banyak perusahaan furniture menggunakan istilah “furniture berlapis kain”.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *